;

Abstrak


Hubungan Asupan Gizi dan Aktivitas Harian pada Ibu Hamil Trimester III dengan Berat Bayi Lahir


Oleh :
Rossa Kurnia Ethasari - S531608037 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Latar Belakang : Kehamilan merupakan masa kehidupan yang penting. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah asupan gizi ibu hamil. Asupan gizi yang baik selama kehamilan yaitu dengan mengkonsumsi banyak makronutrien dan mikronutrien yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tambahan zat gizi selama kehamilan, selain asupan makanan juga dipengaruhi aktivitas. Ibu hamil yang banyak melakukan aktivitas akan merangsang perkembangan otak janin lebih besar daripada ibu hamil yang sedikit melakukan aktivitas sehingga akan mempengaruhi berat bayi lahir.
Tujuan : Menganalisis hubungan antara asupan gizi dan aktivitas harian pada ibu hamil trimester III dengan berat bayi lahir.
Metode : Observasional analitik dengan menggunakan design  kohort prospectif. Variabel independen adalah asupan gizi dan aktivitas harian. Variabel dependen adalah BBL.  Data asupan gizi diperoleh melalui food recall 2x24 jam, aktivitas harian dengan menggunakan kuesioner  Baecke dan BBL diukur menggunakan baby scale.  Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 109 orang diperoleh dengan simple random sampling. Uji statistik yang digunakan adalah chi square.
Hasil: Sebanyak 32,1% ibu hamil yang melahirkan bayi dengan berat lahir rendah. Terdapat hubungan yang signifikan antara asupan energi (p=0,042), karbohidrat (p=<0 xss=removed p=0,029) p=0,029) xss=removed>Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara asupan energi dan aktivitas harian pada ibu hamil trimester III dengan berat bayi lahir.

Kata Kunci : Asupan gizi, Aktivitas harian, Berat Bayi Lahir, Ibu Hamil Trimester III