Abstrak


Proses Rekrutmen Karyawan di PT. Rifan Financindo Berjangka Surakarta


Oleh :
Febri Septia Risnandar - F3515027 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses rekrutmen karyawan di PT. Rifan Financindo Berjangka Surakarta. Karena sumber daya manusia merupakan salah satu peranan yang sangat penting dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Untuk itu perlu dilaksanakannya proses rekrutmen yang baik dan efisien sehingga perusahaan memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas yang akan membantu suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini penelitian dilaksanakan di PT. Rifan Financindo Berjangka Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada sekretaris bagian Human Research and Development (HRD), observasi langung, dan dokumen penunjang lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, menunjukan bahwa proses rekrutmen di PT. Rifan Financindo Berjangka Surakarta diawalai dengan perencanaan sumber daya manusia atau kebutuhan tenaga kerja yang dibuat oleh sub bagian Human Research and Development (HRD). Proses rekrutmen karyawan  di PT. Rifan Financindo Berjangka Surakarta terdiri dari tujuh tahap seleksi mulai dari pembukaan lowongan kerja sampai tahap penempatan kerja.

Adapun saran-saran dari penelitian ini yaitu dalam pelaksanaan proses rekrutmen sebaiknya perusahaan memperluas dalam memberikan informasi kepada masyarakat mengenai lowongan kerja yang tersedia dan lebih dijelaskan kembali tata cara pemenuhan syarat dan kelengkapannya.