Abstrak


Analisis Penerapan Keterampilan Literasi pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Soal Mata Pelajaran Mekanika Teknik Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo


Oleh :
Guntur Saputra - K1515030 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan keterampilan literasi pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan soal mata pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X DPIB A di SMKN 2 Sukoharjo. Analisis pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terdiri dari aspek pendahuluan, inti, dan penutup. Analisis pada soal terdiri dari segi materi, dan bahasa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik dokumentasi yang dikumpulkan berupa data perangkat pembelajaran. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data penerapan keterampilan literasi pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan soal dengan kaidah penerapan keterampilan literasi menggunakan lembar observasi. Sedangkan teknik angket digunakan untuk memperoleh data persepsi siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun oleh guru pada mata pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 2 Sukoharjo tidak sesuai dengan kaidah penerapan keterampilan literasi. Sedangkan soal yang disusun oleh guru pada mata pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 2 Sukoharjo sudah sesuai dengan kaidah penerapan keterampilan literasi. Hasil observasi pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menunjukkan persentase pada aspek Pendahuluan sebesar 33%, Inti sebesar 57%, dan Penutup 20%. Maka Rencana Pelakasanaan Pembelajaran yang disusun oleh guru harus diperbaiki dengan memperhatikan kaidah keterampilan literasi. Kemudian untuk observasi soal menunjukkan persentase pada aspek materi sebesar 90?n aspek bahasa sebesar 100%. Dalam hal ini masih perlu ditingkatkan pada aspek materi. Pada data pendukung berupa persepsi siswa mengenai Rencana Pelaksaan Pembelajaran dan soal yang disusun guru juga memperoleh hasil yang sesuai dengan kaidah keterampilan literasi.

Kata Kunci : Penerapan Keterampilan Literasi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Soal, Mekanika Teknik