Abstrak


Striving for superiority perjuangan ke arah superioritas tokoh Sutopo dalam cerbung Mulih karya atas S. Danusubroto (tinjauan psikologi sastra)


Oleh :
Juliana - B0115030 - Fak. Ilmu Budaya

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) struktur yang membangun cerbung Mulih karya Atas S. Danusubroto berdasarkan teori fiksi Stanton?; (2) kejiwaan tokoh Sutopo dalam proses striving for superiority berdasarkan teori psikologi Adler?; (3) pengaruh keberadaan tokoh Sutopo terhadap tokoh lain dalam mencapai superioritas? Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural sebagai dasar untuk memaparkan unsur pembangun cerbung yang saling terkait, kemudian menggunakan pendekatan psikologi sastra untuk memaparkan kejiwaan tokoh Sutopo dalam proses striving for superiority.
Tujuan penelitian ini antara lain: (1) memaparkan struktural pembangun cerbung Mulih karya Atas S. Danusubroto menurut teori fiksi Stanton; (2) memaparkan kondisi kejiwaan tokoh Sutopo dalam proses striving for superiority berdasarkan teori psikologi Adler; (3) mendeskripsikan pengaruh keberadaan tokoh Sutopo terhadap tokoh lain dalam mencapai superioritas. Manfaat teoretis penelitian ini yaitu memperkaya khazanah ilmu pengetahuan, manfaat praktis penelitian yaitu sebagai tuntunan dalam penelitian lanjutan.
Bentuk penelitian ini yaitu penelitian sastra bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari cerbung Mulih karya Atas S. Danusubroto dimuat dalam majalah Jayabaya No. 38 Minggu III Mei 2017-No. 52 Minggu IV Agustus 2017. Data penelitian ini berupa unsur-unsur intrinsik yang menunjukkan perjuangan dan aspek-aspek psikologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif.
Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: (1) secara keseluruhan cerbung Mulih karya Atas S. Danusubroto menunjukkan kesatuan yang utuh dan satu sama lainnya berkaitan sangat erat. Unsur-unsur struktural yang menunjukkan perjuangan saling terkait sehingga membentuk satu kesatuan yang indah; (2) dilihat dari aspek psikologi sastra, cerbung Mulih mengungkapkan tokoh Sutopo yang memiliki permasalahan karena pengaruh dari lingkungan sekitar sehingga mempengaruhi perjuangan hidupnya. Semua aspek teori psikologi Adler mampu mengendalikan segala bentuk perubahan untuk meraih superioritas pada tokoh Sutopo; (3) berdasarkan tinjuan pengaruh keberadaan, tokoh Sutopo mampu mempengaruhi tokoh Maryanti, Rusmini dan Ragil dalam mencapai superioritas.
Kata kunci: Cerbung Mulih, striving for superiority, Psikologi Sastra