Abstrak


Upaya Promosi Pariwisata untuk Menjadikan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai Daerah Tujuan Wisata Terkemuka di Asia Tenggara pada Tahun 2025


Oleh :
Mita Rahmawati - D0414034 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah dengan potensi pariwisata tinggi, yang terkenal tidak hanya di lingkup nasional, bahkan hingga lingkup internasional. Dengan pariwisata yang semakin naik dari tahun ke tahun membuat DIY memiliki visi besar pada tahun 2025 untuk menjadi daerah tujuan wisata terkemuka di Asia Tenggara. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat upaya promosi pada periode RPJMD 2012- 2017 yang dilakukan DIY untuk mencapai visi besar di tahun 2025. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti menggunakan konsep pariwisata dan paradiplomasi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik penelitian kepustakaan dan teknik wawancara. Wawancara yang dilakukan bersama Ibu Sri Sulandjari selaku Sub bagian program dan informasi Dinas Pariwisata DIY.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan DIY adalah ikut serta hadir dalam pameran pariwisata tingkat nasional maupun internasional, kerjasama dengan daerah lain untuk meningkatkan pariwisatanya, dan melaksanakan promosi lain melalui media komunikasi.
Sehingga dengan upaya tersebut dapat mencapai indikator target jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara.

Kata Kunci: Pariwisata, Promosi, Daerah Istimewa Yogyakarta, Paradiplomasi, RPJMD 2012-2017.