Abstrak


Analisis Profil Gaya Belajar Mahasiswa Milenial Dengan Menggunakan Index Of Learning Styles


Oleh :
Ra. Astrini Kusumo Putri Nim K3513051 - K3513051 - Fak. KIP

ABSTRAK

RA. Astrini Kusumo Putri. K3513051. ANALISIS PROFIL GAYA BELAJAR MAHASISWA MILENIAL DENGAN MENGGUNAKAN INDEX OF LEARNING STYLES. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2020.

Perkembangan era digitalisasi yang sangat pesat berdampak pada karakter mahasiswa, terutama yang tergolong usia generasi milenial. Karakter mahasiswa generasi milenial yang sangat menarik untuk diteliti salah satunya adalah gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil gaya belajar mahasiswa milenial di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah 31 mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data gaya belajar siswa pada penelitian ini dikumpulkan, diklasifikasikan, dan dianalisis menggunakan Instrumen Index of Learning Styles (ILS) by Felder and Silverman,
Hasil penelitian ini diharapkan mampu menggambarkan gaya belajar mahasiswa milenial sebagai dasar pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Hasil rekapitulasi menggunakan ILS menunjukan mahasiswa tipe pembelajar active sebanyak 71?n reflective 29% pada dimensi proses belajar. Pada dimensi persepsi belajar tipe pembelajar sensingĀ  74%, intuitive, 26%. Pada dimensi metode pemasukan informasi,tipe pembelajar visual 90?n verbal hanya 10%. Sedangkan pada dimensi pemrosesan informasi, tipe pembelajar sequential 55?n global 45%.

Kata kunci: Gaya Belajar, Generasi Milenial, Index of Learning Styles.