Abstrak


Penerapan analisis SWOT (Strengths,Weaknesses, Opportunities, Threats) sebagai dasar strategi bersaing padaBbatik Gres Tenan


Oleh :
Yusuf Ario Raharjo - F32132079 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAKS
Penerapan analisis SWOT (Strengths,Weaknesses, Opportunities, Threats) sebagai dasar strategi bersaing padaBbatik Gres Tenan
Yusuf Ario Raharjo
F32132079
Dalam perkembangan zaman yang semakin pesat menimbulkan banyaknya persaingan yang sangat ketat diantara para pelaku Industri. Hal ini menyebabkan berbagai macam sektor industri harus secara terus menerus memantau pasar untuk memperhatikan lingkungan yang secara langsung  mempengaruhi perusahaan. Agar perusahaan mengetahui strategi bersaing yang seperti apa dan bagaimana yang harus diterapkan ditengah tingginya persaingan dan pertumbuhan ekonomi pasar yang relatif tinggi. Dalam hal ini Batik Gres Tenan harus mampu melakukan hal tersebut untuk bisa bersaing dengan para pesaingnya yang bergerak pada bidang yang sama.
Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, observasi, serta studi pustaka guna mendapatkan data primer dan data skunder, dengan teknik pembahasan dengan cara deskriptif.
Batik Gres Tenan adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan batik tulis, batik cap serta berbagai macam batik lainnya. Berdasarkan hasil analisis SWOT, Batik Gres Tenan dapat menggunakan beberapa strategi yang dapat digunakan untuk dasar dalam strategi bersaing.
Berdasarkan kesimpulan tersebut. Penulis memberikan beberapa saran antara lain: Batik Gres Tenan hendaknya memperhatikan faktor internal dan eksternal perusahaan. Hal ini bertujuan agar Batik Gres Tenan mengetahui hal-hal apa saja yang mempengaruhi kekuatan dan kelemahan dari Batik Gres Tenan tersebut. Selain itu Batik Gres Tenan juga harus mempertahankan kualitas produk serta meningkatkan promosi yang gencar agar para pelanggan lebih mengetahui produk-produk dari Batik Gres Tenan.

Kata Kunci : ANALISIS SWOT; STRATEGI BERSAING;