;

Abstrak


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberlangsungan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Desa Banjaranyar, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk


Oleh :
Jalil - S630306006 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK


Jalil, S630306006. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberlangsungan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)  di Desa Banjaranyar, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk

Pembimbing I : Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S, Pembimbing II :  Dr. Zaini Rohmad, M.Pd.   Tesis Program Studi Penyuluhan Pembangunan, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan mendiskripsikan  faktor-faktor yang mempengaruhi keberlangsungan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)  dengan mengambil studi kasus di PKBM Nurul Jadid Desa Banjaranyar, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk. Pemilihan PKBM Nurul Jadid sebagai obyek penelitian didasarkan pada keberadaan lembaga yang mampu bertahan memberikan pelayanan pendidikan nonformal kepada masyarakat sejak berdiri (tahun 2003) hingga sekarang (tahun 2016).

Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan, merinci atau membuat deskripsi terhadap obyek yang diteliti di PKBM Nurul Jadid. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, karena sangat cocok untuk menjawab pertanyaan penelitian how dan why  Informan dalam penelitian ini adalah, tokoh masyarakat sebagai pimpinan nonformal, pengurus PKBM, tutor, warga belajar, pejabat Dinas Pendidikan dan warga  masyarakat.  Teknik  pengumpulan data dilakukan dengan wawancara  mendalam,  observasi  langsung  dan  mencatat  dokumen kegiatan  yang  telah dilakukan oleh pengelola PKBM Nurul Jadid. Validasi data menggunakan triangulasi sumber. Teknik data yang digunakan adalah analisis model interaktif, yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, sajian data dan kesimpulan / verifikasi.

Dari hasil peneltian menunjukkan faktor dominan yang mempengaruhi keberlangsungan PKBM adalah karena peran tokoh masyarakat sekaligus sebagai pimpinan nonformal. Di samping itu, faktor yang juga berpengaruh terhadap keberlangsungan PKBM adalah motivasi warga belajar itu sendiri. Faktor pendukung lainnya adalah adanya pengelolaan lembaga PKBM yang partisipatif, transparan dan akuntabel. Peran serta masyarakat, pemerintah dan dunia usaha juga turut berkontribusi pada keberlangsungan PKBM Nurul Jadid.

Kata kunci :  KEBERLANGSUNGAN; PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT;