Abstrak


Implementasi Prinsip-Prinsip Kesopanan Brown dan Levinson dalam Interaksi Kelas antara Guru-Para Siswa di SMP Islam Diponegoro pada Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Risqi Nurtyas Sri Wikanti - K2212066 - Fak. KIP

ABSTRAK

Risqi Nurtyas Sri Wikanti. K2212066. 2016. Implementasi Prinsip-Prinsip Kesopanan Brown dan Levinson dalam Interaksi Kelas antara Guru-Para Siswa  di SMP Islam  Diponegoro pada  Tahun  Ajaran 2015/2016.  Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan. Universitas Sebelas Maret.

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah:  1)  Untuk  mengidentifikasi superstrategies mana milik Brown dan Levinson yang diimplementasikan dalam ungkapan guru dan para siswa. 2) Untuk mendeskripsikan konteks dari ungkapan- ungkapan yang mengindikasikan implementasi dari superstrategies milik Brown dan Levinson di interaksi kelas. 3) Untuk mengetahui tujuan-tujuan dari implementasi prinsip-prinsip kesopanan dalam interaksi kelas.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode naturalistik deskriptif. Data penelitian berupa ungkapan-ungkapan yang diucapkan oleh guru dan para siswa dalam interaksi kelas dan hasil wawancara dengan para narasumber. Sumber-sumber datanya adalah beberapa orang (narasumber), situasi (interaksi kelas antara guru dan para siswa) dan video dokumentasi dari interaksi kelas. Penelitian dilakukan dari bulan Mei sampai Juni 2016.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Contoh ungkapan-ungkapan yang mengimplementasikan superstrategies milik Brown and Levinson menunjukkan proporsi yang seimbang: delapan negative politeness strategy, delapan positive politeness strategy, tujuh bald on-record politeness strategy dan tujuh off-record indirect strategies. 2) Konteks dari setiap ungkapan berbeda dan berdasarkan percakapannya, meskipun ada beberapa ungkapan yang mempunyai konteks yang hampir sama, perbedaannya hanya terdapat pada topiknya. 3) Penggunaan superstrategies disebabkan oleh 17 social distance, 10 relative power dan tiga the absolute ranking of imposition dengan tujuannya adalah untuk menegaskan, menyombongkan, menyatakan, mengklaim, memerintah, melarang, mengundang, meminta, menyuruh, menginstruksikan, berjanji, mengancam, menawarkan, meminta maaf dan berterimakasih.

Kata kunci: PRAGMATIK; PRINSIP-PRINSIP KESOPANAN; BROWN & LEVINSON; KONTEKS; INTERAKSI KELAS;