;

Abstrak


Efektivitas strategi self-directed learning untuk mengajar menulis dilihat dari kreatifitas siswa. (penelitian eksperimental pada siswa kelas VIII SMP N 3 Jatipuro tahun pelajaran 2016/2017)


Oleh :
Suprapti - S891202060 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

SUPRAPTI. S891202060 2016. Efektivitas strategi self-directed learning untuk mengajar menulis dilihat dari kreatifitas siswa. (penelitian eksperimental pada siswa kelas VIII SMP N 3 Jatipuro tahun pelajaran 2016/2017). Pembimbing I : Dr. Abdul Asib, M.Pd; Pembimbing II : Dr. Ngadiso, M.Pd. Tesis. Surakarta, Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sebelas Maret, 2016.
Tujuan dari pada penelitian ini adalah mengetahui apakah: (1) Strategi Self-directed Learning lebih efektif dari pada strategi Teacher-directed Learning untuk mengajar menulis pada siswa kelas VIII SMP N 3 Jatipuro tahun pelajaran 2016/2017; (2) Siswa yang mempunyai kreatifitas tinggi lebih baik keterampilan menulisnya dari pada siswa yang memiliki kreatifitas rendah pada siswa kelas VIII SMP N 3 Jatipuro tahun pelajaran 2016/2017; (3) Ada hubungan antara strategi mengajar dengan kreativitas siswa dalam pembelajaran menulis pada siswa kelas VIII SMP N 3 Jatipuro tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian eksperimental ini dilaksanakan di SMP N 3 Jatipuro tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII , yang terdiri 96 siswa, dan dibagi menjadi 4 kelas. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, peneliti menggunakan lotery. Sample penelitian ini ada dua kelas, kelas VIIIA terdiri 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIIIB yang terdiri 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah cluster random sampling. Untuk penelitian ini peneliti memperoleh data kuantitatif, yaitu nilai kreatifitas dan nilai menulis siswa setelah melakukan pertemuan 8 kali untuk setiap kelas. Data dianalisis dengan menggunakan test ANOVA 2 x 2 dan test Tukey.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi Self-directed Learning lebih efektif dari pada Strategi Teacher-directed Learning  untuk mengajar menulis siswa kelas VIII pada SMP N 3 Jatipuro; (2) Siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih baik kemampuan menulisnya dari pada siswa yang memiliki kreativitas rendah siswa kelas VIII pada SMP N 3 Jatipuro; (3) Ada hubungan antara strategi mengajar dengan kreativitas siswa dalam mengajar menulis pada siswa kelas VIII SMP N 3 Jatipuro.
Mengacu pada hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi Self-directed Learning adalah strategi yang efektif untuk mengajar menulis pada siswa kelas VIII SMP N 3 Jatipuro tahun pelajaran 2016/2017. Meskipun demikian, dalam menerapkan strategi itu, seorang guru harus mempertimbangkan tentang kondisi  siswa, dalam hal ini tingkat kreativitasnya. Sebagai bukti dalam penelitian ini, kreativitas mempengaruhi keterampilan menulis siswa. Dengan mempertimbangkan tingkat kreativitas siswa, seorang guru dapat memilih strategi yang tepat untuk mengajar menulis, agar supaya keterampilan siswa dalam menulis meningkat.

Keywords: KETERAMPILAN MENULIS; SELF-DIRECTED LEARNING STRATEGY; TEACHER-DIRECTED LEARNING STRATEGY; KREATIVITAS; DAN PENELITIAN EXPERIMENTAL;