;

Abstrak


Produksi Biogas Dari Sampah Organik Pasar Dalam Biodigester Anaerob Menggunakan Starter Kotoran Hewan


Oleh :
Mohammad Nurul Hidayatullah - S900208014 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Gas yang dihasilkan dari tumpukan sampah salah satunya adalah metan atau CH4. Gas ini termasuk salah satu penyebab efek rumah kaca yang menyebabkan suhu di bumi terus mengalami peningkatan. Dalam kasus pemanasan global efek gas methan diketahui 23 kali lebih tinggi dari gas CO2. Di Indonesia saat ini terdapat sekitar 450 TPA yang pengelolaannya sama, ditumpuk atau timbun dengan tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh proses dan pengomposan limbah organik terbaik dan pengolahan kompos untuk produksi biogas dengan penambahan Inokulum terbaik.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2009 di Desa Beji Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Jawa Timur Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Olah Faktorial dengan tiga Faktor perlakuan. Faktor pertama dengan kotoran sapi, faktor kedua adalah kotoran Ayam dan faktor ketiga Tanpa perlakuan. Setiap perlakuan dengan 3 ulangan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan ANAVA dan dilanjutkan uji Duncan pada taraf 5%.
.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan EM4 berpengruh tehadap kualitas kompos yang relatif lebih baik. Rasio C/N ideal sebagai bahan baku pembentukan biogas terdapat pada variasi EM4 EM4 20% minggu I sebesar 18,55. Sedangkan produksi biogas paling banyak adalah dari kelompok inokulum kotoran ayam dengan ratio pengenceran 1:2.

Kata Kunci : SAMPAH ORGANIK; GAS METAN; BIOGAS;