Abstrak


Eksperimen model pembelajaran SSCS melalui metode eksperimen dan demonstrasi pada materi suhu dan kalor ditinjau dari kemampuan berpikir analitis siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Surakarta


Oleh :
Mayang Dwinta Trisniarti - K2312043 - Fak. KIP

ABSTRAK

Mayang Dwinta Trisniarti K2312043 Eksperimen model pembelajaran SSCS melalui metode eksperimen dan demonstrasi pada materi suhu dan kalor ditinjau dari kemampuan berpikir analitis siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Surakarta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2016.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan model SSCS melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan belajar kognitif Fisika siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 pada materi Suhu dan Kalor, (2) mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara kemampuan berpikir analitis siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan belajar kognitif Fisika siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 pada materi Suhu dan Kalor, (3) mengetahui ada atau tidak adanya interaksi antara pengaruh penggunaan model SSCS dan kemampuan berpikir analitis siswa terhadap kemampuan belajar kognitif Fisika siswa kelas X SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 pada materi Suhu dan Kalor.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 4 berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 7 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes untuk data kemampuan berpikir analitis siswa dan data kemampuan belajar kognitif Fisika untuk materi Suhu dan Kalor. Analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan frekuensi sel tak sama.
Simpulan dari penelitian eksperimen ini adalah: (1) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model SSCS melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan belajar kognitif Fisika siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri 3 Surakarta (Fobs = 4.594 > Ftabel = F0.05;1;62 = 4.001), (2) ada perbedaan pengaruh antara kemampuan berpikir analitis siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan belajar kognitif Fisika siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri 3 Surakarta (Fobs = 70.974 > Ftabel = F0.05;1;62 = 4.001), (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model SSCS melalui metode pembelajaran dan kemampuan berpikir analitis siswa terhadap kemampuan belajar kognitif Fisika siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri 3 Surakarta (Fobs = 0.398 > Ftabel = F0.05;1;62 = 4.001).

Kata kunci  : MODEL SSCS; METODE EKSPERIMEN; METODE DEMONSTRASI; KEMAMPUAN BELAJAR KOGNITIF; KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS;