Abstrak


Kehidupan paguyuban sanggar seni kenthongan Kingsan desa Purbalingga Wetan kecamatan Purbalingga tahun 2003-2015


Oleh :
Tri Wahyuni - C0512049 - Fak. Ilmu Budaya

Penulisan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) sejarah dan latar belakang berdirinya Sanggar kesenian Kenthongan Kingsan, (2) perkembangan sanggar Kenthongan Kingsan pada tahun 2003-2015, (3) peran Sanggar Kingsan terhadap kehidupan sosial masyarakat di Desa Purbalingga Wetan.
Penelitian ini merupakan penelitian Sejarah menggunakan metode sebagai berikut: heuristik (pengumpulan sumber), kritik sumber intern maupun ekstern, interprestasi dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang diguakan yaitu studi dokumen, studi pustaka, dan wawancara. Kemudian diolah dan dianalisa sehingga menghasilkan fakta-fakta historis dan disususn dalam sebuah historiografi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan Sanggar Kingsan di Kelurahan Purbalingga Wetan dari tahun 2003 hingga 2015 dilatarbelakangi dengan adanya pelestarian kesenian Kenthongan. Perkembangan sanggar Kingsan memiliki peranan penting terhadap kehidupan sosial masyarakat di desa Purbalingga Wetan. Dengan perkembangan jaman Kenthongan tidak lagi dijadikan media komunikasi namun telah menjadi sarana hiburan karena dilengkapi dengan instrument musik lain dan tari yang dapat menambah estetika musik  Kenthongan. Adanya sanggar Kingsan dapat menyatukan masyarakat di Desa Purbalingga Wetan yang diketahui masyarakat pinggir Kota yang memiliki sifat individualis.
Kesimpulan penelitian ini adalah Sanggar Kingsan merupakan salah satu grup kesenian yang keberadaannya sangat penting karena dengan adanya Sanggar Kingsan dapat melestarikan seni Kenthongan dan sebagai wadah pemersatu masyarakat di Desa Purbalingga Wetan.
Kata kunci: Kesenian kenthongan, Sanggar Kingsan, Purbalingga