Abstrak


Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup terhadap Pelaksanaan Izin Lingkungan di Kabupaten Sukoharjo


Oleh :
Fany Eka Rizqi Kurniawati - E0014147 - Fak. Hukum

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama bagaimana mekanisme pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup terhadap pelaksanaan izin lingkungan yang dimiliki setiap usaha dan/atau kegiatan di Kabupaten Sukoharjo. Kedua bagaimana efektivitas fungsi pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dalam meningkatkan ketaatan penanggungjawab usaha dan/atau kegiatan terhadap pelaksanaan izin lingkungan yang dimiliki setiap usaha dan/atau kegiatan di Kabupaten Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Jenis dan sumber bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang  digunakan adalah studi dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deduksi silogisme. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conseptual approach).
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo sudah efektif walaupun adanya sedikit kendala dalam pelaksanaannya. Sehingga tujuan dari adanya kegiatan pengawasan dengan disertai pembinaan sesuai dengan Pasal 71 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yaitu peningkatan ketaatan penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan atas ketentuan yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup mampu dicapai oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo.

Kata Kunci : Lingkungan Hidup, Pengawasan, Izin Lingkungan