Abstrak


Serat Babad Persi: Bab Cariyos Puyur ing Nagari Persi (Suatu Tinjauan Filologis)


Oleh :
Azka Azizah Ghossani - C0114008 - Fak. Ilmu Budaya

Abstrak

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana suntingan teks dari naskah Cariyos Puyur Ing Nagari Persi yang bersih dari kesalahan sesuai dengan cara kerja filologi? (2) bagaimana ini naskah yang terkandung dalam naskah Cariyos Puyur Ing Nagari Persi?
Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah: (1) menyajikan suntingan teks naskah Cariyos Puyur Ing Nagari Persi yang bersih dari kesalahan dan mendekati teks aslinya sesuai dengan langkah kerja penelitian filologi. (2) menyajikan isi naskah yang terkandung dalam naskah Cariyos Puyur Ing Nagari Persi.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologis yang bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data penelitian ini adalah naskah Cariyos Puyur Ing Nagari Persi yang merupakan naskah têmbang bertuliskan huruf Jawa carik sebanyak 79 halaman. Data penelitian ini adalah teks naskah Cariyos Puyur Ing Nagari Persi. Teknik pengumpulan data melalui tahap inventarisasi naskah melalui katalog naskah, kemudian memastikan keberadaan naskah dan digitalisasi naskah untuk penelitian lebih lanjut. Tahap selanjutnya adalah mentransliterasikan naskah. Teknik analisis data melalui kritik teks disertai dengan aparat kritik dan terjemahan. Metode penyuntingan naskah Cariyos Puyur Ing Nagari Persi menggunakan metode edisi standar. Kemudian dilanjutkan dengan analisis isi untuk mengungkapkan kisah yang terkandung dalam Cariyos Puyur Ing Nagari Persi.
Simpulan penelitian ini adalah (1) Cariyos Puyur Ing Nagari Persi merupakan naskah tunggal yang disimpan dalam Museum Radya Pustaka dengan nomor RP 132.0. Setelah melalui tahap-tahap filologis yaitu deskripsi naskah, kritik teks, transliterasi, terjemahan, dan aparat kritik, maka suntingan teks naskah Cariyos Puyur Ing Nagari Persi merupakan suntingan yang bebas dari kesalahan dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Naskah Cariyos Puyur Ing Nagari Persi setelah melalui kritik teks memiliki 10 varian lakuna, 14 hiperkorek, 7 adisi, dan 1 interpolasi (2) Naskah Cariyos Puyur Ing Nagari Persi berkisah tentang Raja Aron Al-Rasbat, Apdalah, Kogya San Alkabal, Sadi Numan, dan Rara Sabityah. Naskah Cariyos Puyur Ing Nagari Persi yang juga termasuk dalam kategori naskah babad memiliki keterkaitan dengan peristiwa sejarah dan kebudayaan asalnya.

Kata Kunci : Filologi, Sejarah, Cariyos Puyur Ing Nagari Persi, Kebudayaan