Abstrak


Nilai Pendidikan Moral dalam naskah Dhanyang Salah Kedaden: Bab Nyai Trapong (Tinjauan Filologis Dan Kajian Isi)


Oleh :
Priyo Nugroho - C0114048 - Fak. Ilmu Budaya

Abstrak

Penelitian ini membahas permasalahan, 1) bagaimana teks naskah Dhanyang Salah Kedaden bab Nyai Trapong yang bersih dari kesalahan?, 2) bagaimana pendidikan moral yang terdapat dalam teks Nyai Trapong?
Penelitian ini bertujuan 1) menyajikan teks naskah Dhanyang Salah Kedaden: Nyai Trapong yang bersih dari kesalahan, 2) mendeskripsikan dan memilah nilai moral yang terkandung dalam teks yang bersih dari kesalahan.
Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang dilakukan apa adanya yang terjadi di ruang lingkup penelitian secara rinci. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian pustaka), dengan data penelitian teks Dhanyang Salah Kedaden: Nyai Trapong dan informasi tentang pemilahan nilai norma dalam teks tersebut. Sumber data penelitian ini adalah naskah Dhanyang Salah Kedaden dan teks Dhanyang Salah Kedaden: Nyai Trapong yang bersih dari kesalahan. Teknik pengumpulan data melalui pencarian pada katalog kemudian transliterasi. Untuk data kedua menggunakan teknik analisis isi (content analytic). Teknik analisis data pertama menggunakan teknik kritik teks, sedangkan data kedua menggunakan teknik interaktif.
Naskah Dhanyang Salah Kedaden ini memuat 1) kasus-kasus filologis berupa varian yang menghasilkan suntingan teks dan naskah yang bersih dari kesalahan serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. 2) pendidikan moral yang terdapat dalam naskah Dhanyang Salah Kedaden.

Kata Kunci : Dhanyang Salah Kedaden; suntingan teks; pendidikan moral