Abstrak


Pengaruh karakteristik pemerintah daerah terhadap Kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia Tahun 2014)


Oleh :
Isya’ Sya’bana - F1314148 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Pengaruh karakteristik pemerintah daerah terhadap Kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia Tahun 2014)


Isya’ sya’bana F1314148

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik pemerintah daerah (size pemda, umur pemda, tingkat ketergantungan pemda, ukuran legislatif, dan keandalan LKPD) terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah diukur dengan menggunakan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD).
Populasi dalam penelitian ini adalah pemerintah kabupaten/kota di Indonesia tahun 2014. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode puposive sampling dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 455 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari hasil EKPPD, LKPD yang telah diaudit, dan IHPS I 2015.
Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil uji dari regresi berganda menunjukkan bahwa umur pemda, ukran legislatif, dan keandalan LKPD berpengaruh positif terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Sebaliknya, tingkat ketergantungan berpengaruh negatif terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah. Size pemda tidak berpengaruh terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah
Kata Kunci:     SIZE PEMDA; UMUR PEMDA; TINGKAT KETERGANTUNGAN PEMDA; UKURAN LEGISLATIVE; RASIO KEANDALAN LKPD; KINERJA PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH;