Abstrak


Pengaruh Penetapan Harga Pokok Penjualan Precut Terhadap Laba Perusahaan Pada Pt Batik Danar Hadi


Oleh :
Nanda Mutiara Sidevi - F3116034 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga pokok penjualan terhadap laba perusahaan pada PT Batik Danar Hadi di Surakarta. Penulis juga mengidentifikasi perhitungan harga pokok penjualan precut serta penyebab dan dampak laba yang fluktuatif di PT Batik Danar Hadi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang disusun untuk memberikan gambaran secara sistematis tentang informasi ilmiah dari objek penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer yaitu wawancara langsung dengan manajer ekspor maupun dengan karyawan bagian keuangan PT Batik Danar Hadi. Data sekunder yang di dapat dari buku cetak, artikel maupunn jurnal. Tahapan teknik analisis data penelitian ini berupa, pengumpulan data, mengidentifikasi data, mengolah data dan menyimpulkan data.

Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan metode perhitungan harga pokok penjualan precut pada tahun 2016 - 2017 yang akan mempengaruhi presentase laba dari perusahaan faktor lainnya yaitu volume penjualan dan manajemen waktu saat terjadi cuaca ekstrim yang akan berdampak langsung kepada laba yang telah ditetapkan oleh PT Batik Danar Hadi. Untuk menanggulangi masalah tersebut perlu adanya bahan pengganti apabila cuaca ekstrim tiba agar biaya yang dikeluarkan tidak terus bertambah dan juga pengelolaan dari pihak keuangan untuk menghitung harga pokok penjualan dan juga harga jual yang optimal agar menghasilkan laba yang maksimal sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Kata Kunci : Harga Pokok Penjualan, Laba , PT Batik Danar Hadi