Abstrak


Keefektifan Teknik Bibliotherapy Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Peserta Didik Kelas X SMK Kristen I Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019


Oleh :
Ignasia Ayu Almavita - K3115022 - Fak. KIP

Perencanaan karier yang rendah pada diri peserta didik merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi dan sering dijumpai dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik biblio-therapy untuk meningkatkan perencanaan karier peserta didik kelas X SMK Kristen I Surakarta tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain quasi experimental dengan rancangan pre- and posttest design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas X SMK Kristen I Surakarta  yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengum-pulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen pedoman angket peren-canaan karier yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digu-nakan dalam penelitian yaitu menggunakan rumus uji Mann Whitney dengan aplikasi SPSS Statistics 22.
         Hasil analisis data menunjukan bahwa subjek penelitian mengalami perubahan. Setelah dianalisis dengan Uji Mann Whitney didapatkan nilai Z sebesar -2,385 dengan Asymp. Sig. 2-tailed sebesar 0,017<0>         Rekomendasi bagi guru bimbingan dan konseling serta peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu pertimbangan untuk membantu meningkatkan perencanaan karier peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, diha-rapkan teknik bibliotherapy dapat di kembangkan oleh peneliti-peneliti selan-jutnya supaya dikembangkan agar lebih kreatif dan bervariasi.
    

Kata kunci: Teknik Bibliotherapy, Perencanaan Karier.