Abstrak


Permasalahan Sosial Dalam Delapan Lirik Lagu Campursari Karya Didi Kempot (Sebuah Pendekatan Sosiologi Sastra)


Oleh :
Dimas Ery Sadewo - C0113017 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk teks Sêrat Sastra Darwa yang dipandang benar, bersih dari kesalahan menurut cara kerja filologi? 2) Bagaimana proses penciptaan alam semesta dalam Sêrat Sastra Darwa?
Penelitian ini bertujuan 1) Menyajikan suntingan teks Sêrat Sastra Darwa yang dipandang benar dan bersih dari kesalahan Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu : (1) pola struktur dalam delapan lirik lagu campursari karya Didi Kempot; (2) Kondisi sosial masyarakat dalam delapan lirik lagu campursari karya Didi Kempot. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural sebagai dasar, kemudian menggunakan pendekatan sosiologi sastra untuk tinjauan lebih dalam.
Tujuan penelitian ini antara lain : (1) Mendeskripsikan pola struktur dalam delapan lirik lagu campursari karya Didi Kempot; (2) Mendeskripsikan kondisi sosial masyarakat dalam delapan lirik lagu campursari karya Didi Kempot.. Manfaat penelitian ini diharapkan mampu menjadi pedoman  dalam pendekatan terhadap penelitian sosiologi sastra.
Landasan teori penelitian ini adalah pengertian puisi atau geguritan, teori struktural dari Herman J. Waluyo yang terdiri dari unsur fisik dan unsur batin. Dan teori sosiologi sastra dengan teori sosiologi karya sastra Renne Wellek dan Austin Warren.
Bentuk penelitian ini adalah sastra dengan teknik deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari lirik lagu campursari karya Didi Kempot. Data dalam penelitian ini berupa teks lirk lagu campursari karya Didi Kempot. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi, teknik wawancara dan teknik kajian pustaka. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan
Hasil analisis dari penelitian ini yaitu : (1) secara keseluruhan analisis struktural lirik lagu campursari karya Didi Kempot menunjukkan unsur-unsur yang terkandung di dalam lirik-liriknya; (2) berdasarkan pendekatan sosiologi sastra lirik lagu campursari karya Didi Kempot mengungkapkan kondisi sosial masyarakat berdasarkan aspek-aspek yang ada antara lain aspek sosial ekonomi, sosial budaya, sosial kemasyarakatan.
Kata Kunci : Lirik Lagu Campursari Karya Didi Kempot. Sosiologi Sastra