Abstrak


Perbandingan partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata antara Pantai Logending di Kecamatan Ayah dengan Waduk Sempor di Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen Tahun 2016 (Suplemen Materi Pembelajaran Geografi Pada Kelas XI Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Menganalisis dinamika dan masalah kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia untuk pembangunan)


Oleh :
Zuhdiyah Matienatul Iemaaniah - K5412082 - Fak. KIP

ABSTRAK

Zuhdiyah Matienatul Iemaaniah K5412082, Perbandingan partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata antara Pantai Logending di Kecamatan Ayah dengan Waduk Sempor di Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen Tahun 2016 (Suplemen Materi Pembelajaran Geografi Pada Kelas XI Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Menganalisis dinamika dan masalah kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia untuk pembangunan). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, November 2016.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata Pantai Logending di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. (2) partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata Waduk Sempor di Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. (3) perbandingan partisipasi masyarakat dalam mengembangkan pariwisata di Pantai Logending dan Waduk Sempor di Kabupaten Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Desa Ayah dan Desa Sempor. Teknik pengambilan sampel yaitu snowball sampling dari masing-masing desa diambil 9 narasumber.   Pengumpulan   data   melalui   observasi   lapangan,   wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif (Miles-Huberman) dan untuk perbandingan partisipasi masyarakat dilakukan dengan pengklasifikasian partisipasi masyarakat sesuai dengan tangga partisipasi Arnstein.
Hasil Penelitian ini adalah sebagai berikut ini. (1) Partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata di Pantai Logending termasuk dalam kategori sedang. (2) Partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata di Waduk Sempor termasuk dalam kategori tinggi. (3) Partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata di Waduk Sempor lebih baik daripada partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata di Pantai Logending.

Kata Kunci: PARTISIPASI MASYARAKAT; PENGEMBANGAN PARIWISATA;