Abstrak


Perkembangan Pesantren Al Fatah di Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan tahun 1956-2014


Oleh :
Bagus Ariyanto - C0513008 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK
Bagus Ariyanto C0513008. 2017. Perkembangan Pesantren Al Fatah di Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan  tahun 1956-2014. Skripsi: Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
                    Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang berusaha mendeskripsikan dan menganalisa tentang perkembangan Pesantren Al Fatah di Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan tahun 1956-2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana latar belakang berdirinya Pesantren Al Fatah, (2) Bagaimana perkembangan Pesantren Al Fatah pada masa kepemimpinan K.H. Mahmud, (3)    Bagaimana perkembangan Pesantren Al Fatah pada masa kepemimpinan K.H. Uzairon.
                    Untuk mengkaji penelitian tersebut digunakan metode sejarah, yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), Kritik Sumber (Kritik Intern dan Kritik Ekstern), Interpretasi dan Historiografi. Sumber penelitian dikumpulkan melalui sumber lisan dan tertulis. Sumber lisan yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan beberapa tokoh penting seperti K.H. Maliki Slamet Riyadi(H. Abbas), Ustadz Fahrurozi, Ustadz Hamid, dan beberapa pengajar lainnya. Sumber tertulis yang digunakan dalam penelitian berasal dari Pesantren Al Fatah yang berupa Laporan Tahunan Pesantren Al Fatah sejak tahun 1956 hingga tahun 2014, Laporan Pembangunan Pesantren Al Fatah pada setiap periode kepemimpinan, dan Laporan Administrasi Yayasan Al Fatah. Selain itu, sumber tertulis juga diperoleh dari Kantor BPS Magetan yang berupa data jumlah penduduk Desa Temboro, data mata pencaharian penduduk, dan data urbanisasi dan ruralisasi penduduk.
                    Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa perkembangan Pesantren Al Fatah di Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan tahun 1956-2014 dapat dilihat dari program kegiatan pesantren dan pengaruh pesantren terhadap masyarakat Desa Temboro. Program kegiatan pesantren sangat berpengaruh terhadap pembelajaran para santri terutama dalam memberikan sikap dan karakter para santri untuk beradaptasi terhadap masyarakat sekitar. Pengaruh Pesantren Al Fatah terhadap masyarakat Desa Temboro sangat terlihat pada tahun 2000 hingga tahun 2014 yang ditandai dengan adanya peningkatan jumlah santri serta adanya sebutan Kampung Madinah pada Desa Temboro. Hal ini menyebabkan Desa Temboro memiliki karakteristik yang berbeda dengan desa lainnya di Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan.

Kata Kunci    :    PERKEMBANGAN; PENGARUH; KARAKTERISTIK;