Abstrak


Upaya peningkatan hasil belajar akuntansi dengan model pembelajaran Team Asissted Individualization (TAI) berbantu media monopoli akuntansi pada siswa kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Banyudono


Oleh :
Ananda Wahyu Yuliastuti - K7715006 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Banyudono melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantu media monopoli akuntansi pada mata pelajaran akuntansi dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 SMK Negeri 1 Banyudono yang terdiri dari 36 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila telah mencapai indikator capaian penelitian yaitu 75?ri jumlah 36 siswa. Hasil belajar siswa meliputi tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor.
Hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus II sebesar 91%. Hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus II sebesar 83%. Hasil belajar ranah psikomotor siswa pada siklus II sebesar 88%. Penerapan model pembelajaran TAI berbantu media monopoli akuntansi dalam penelitian ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penerapan, dan analisis. Siswa juga lebih antusias, kreatif, dan lebih percaya diri selama proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan lain dapat dilihat dari sisi kecepatan, kerapihan, dan kebersihan dalam menjawab soal-soal akuntansi.
Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Monopoli Akuntansi, Hasil Belajar Siswa