Abstrak


Pengaruh Intervensi Murottal Al Quran untuk Memperbaiki Skor Cemas melalui Monitoring Biofeedback Pasien Kanker Payudara yang Menjalani Kemoterapi


Oleh :
Catur Bawono - S571408002 - Pascasarjana

Abstrak

Latar Belakang: Kanker payudara penyebab kematian ke-5 di Indonesia, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI (2016), bahwa terdapat 0,5% atau 61.682 kasus kanker payudara tahun 2013. Konsekuensi yang menyertai kemoterapi membuat rasa khawatir, takut dan cemas menghadapi ancaman kematian dan rasa sakit saat menjalani terapi. Menggunakan Murottal Al-Qur’an mengurangi kecemasan.
Tujuan : Menghasilkan modul pengaplikasian terapi tambahan murottal Al-Qur’an untuk menurunkan skor cemas pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi serta melihat distribusi frekuensi kecemasan dan religiusitas.
Metode : Menggunakan studi eksperimental dengan randomized pretest posttest control group dengan purposive sampling 15 orang kontrol dan 15 orang perlakuan murottal Al-Qur'an pada pasien kanker payudara menjalani kemoterapi.
Hasil: Terapi murottal Al-Qur’an melalui monitoring biofeedback dapat meningkatkan religusitas (0,000<0>Simpulan: Ada pengaruh intervensi murottal Al-Quran melalui pemantauan biofeedback untuk menurunkan kecemasan dan memperbaiki suhu tubuh pasien kanker payudara menjalani kemoterapi.

Kata Kunci : Ca mammae, Murrotal Al-Qur’an, Kecemasan