Abstrak


Profil Kondisi Fisik pada Atlet Pembinaan Prestasi Cabor Pencaksilat Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Agus Lustiana - K5614002 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kondisi fisik atlet pembinaan prestasi cabang olahraga pencaksilat Univesitas Sebelas Maret 2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan tes dan pengukuran. Atlet pembinaan prestasi pencaksilat 2018 yang menjadi sample pada penelitian ini berjumlah 16 atlet.  Instrumen yang digunakan adalah sit and reach, vertical jump, lari 20 m, sit up 60", push up 60", antropometri, ball wall pass, shuttle run, dan MFT bleep. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan tabel klasifikasi.
Hasil penelitian pada atlet putra menunjukan bahwa hasil tes antropometri dengan kategori baik, hasil tes kekuatan otot lengan dengan kategori baik, hasil tes kekuatan otot perut dengan kategori baik, hasil tes kelincahan dengan kategori baik, hasil tes kecepatan dengan kategori baik, hasil tes kelentukan dengan kategori baik sekali, hasil tes koordinasi dengan kategori baik, hasil  tes power tungkai dengan kategori baik, hasil tes daya tahan (VO2 Max) dengan kategori baik, dan secara keseluruhan kondisi fisik atlet putra yaitu pada rentang nilai 4,3 dengan dikategorikan baik. Hasil penelitian pada atlet putri menunjukan bahwa hasil tes antropometri dengan kategori baik, hasil tes kekuatan otot lengan dengan kategori baik, hasil tes kekuatan otot perut dengan kategori baik, hasil tes kelincahan dengan kategori baik, hasil tes kecepatan dengan kategori baik, hasil tes kelentukan dengan kategori baik sekali, hasil tes koordinasi dengan kategori baik, hasil  tes power tungkai dengan kategori baik, hasil tes daya tahan (VO2 Max) dengan kategori baik sekali, dan secara keseluruhan kondisi fisik atlet putri berada pada rentang nilai 4,3 dengan dikategorikan baik.
Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu, Baik atlet putra maupun putri memiliki tingkat kondisi fisik yang baik sesuai dengan norma kondisi fisik pencak silat yang ada. Memberikan informasi kepada pelatih dan atlet bahwa kondisi atlet pembinaan prestasi dalam kondisi baik sesuai dengan kaidah pencak silat yang ada.

Kata Kunci : profil, kondisi fisik, atlet pembinaan, prestasi pencaksilat tahun 2018