Abstrak


Pengaruh THR dan Acetabuloplasty Terhadap Perubahan Rasa Nyeri Pada Pasien Osteoarthritis HIP dengan Defek Acetabulum


Oleh :
Sinung Bawono - S501202078 - Pascasarjana

Latar Belakang: THA merupakan pilihan bagi hampir semua pasien dengan kelainan sendi panggul yang menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan fungsi.Hasil jangka panjang yang baik dikarenakan perangkat endoprosthetic tersebut mampu memberikan kemampuan menahan beban, mempertahankan fungsi, rentang gerak dan stabilitas. Peneliti mengevaluasi skor hip fungsional pasien osteoarthritis pinggul dengan defek pada acetabulum yang dilakukan tindakan Total Hip Artroplasty (THA) dengan acetabuloplasty di Rumah Sakit Ortopedi Prof.Dr R Soeharso, Surakarta.
Pasien dan Metode: Studi analitik Observative pada pasien Osteoarthritis hip dengan defek acetabulum yang menjalani tindakan  Total Hip Artroplasty dengan acetabuloplasty di Rumah Sakit Ortopedi Prof.Dr R Soeharso, Surakart Sejak 1 Januari 2016 - 30 september 2016. Kemudian kami evaluasi untuk fungsional hip pasien sebelum dan sesudah operasi menggunakan Harris Hip Skor (HHS).
Hasil: Berdasarkan data yang diperoleh didapat jumlah sampel perempuan 18 pasien dan laki-laki 14 pasien. Pada karekter umur rentang umur sampel antara 49 tahun sampai 66 tahun. Penilaian skor HHS sebelum operasi memiliki rentang nilai 20,8 sampai dengan 69,4. Hasil pengukuran skor HHS terhadap sampel yang dilakukan setelah tindakan operasi adalah sebagai berikut Fair 9 pasien, Good 13 pasien, dan Excellent 10 pasien.
Kesimpulan: Pada penelitian ini ditemukan adanya pengaruh perbedaan rasa sakit menjadi lebih baik pada pasien dengan Osteoarthritis hip yang dilakukan tindakan Total hip Arthroplasty dan acetabuloplasty
Kata Kunci: Osteoartritis Hip, defek acetabulum, THA, Total Hip Artroplasty, Acetabuloplasty, Harris Hip Score