Abstrak


Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Karyawan Di 9 Perusahaan Manufaktur Dan Jasa Di Kota Surakarta)


Oleh :
Handika Arisdianto - F1217034 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA

(Studi pada Karyawan di 9 Perusahaan Manufaktur dan Jasa di Kota Surakarta)

 

 

Oleh: HANDIKA ARISDIANTO

F1217034

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap kepuasan kerja, 2) pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja, 3) pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di 9 perusahaan manufaktur dan jasa di Kota Surakarta dengan jumlah sampel 298 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dan pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya telah dilakukan dengan uji asumsi klasik.

Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa: 1) keselamatan dan kesehatan kerja (K3) berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, 2) lingkungan kerja berpengaruh postif terhadap kepuasan kerja, 3) keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan lingkungan kerja berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja, 4) besarnya kontribusi variabel keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan kerja untuk menjelaskan variabel kepuasan kerja sebesar 46,1%.

Penelitian ini memiliki keterbatasan pada pengambilan sampel karena menyebarkan kuesioner dengan cara tidak langsung, dimana peneliti tidak dapat menjelaskan secara langsung kepada responden mengenai hal yang belum dimengerti dalam pengisiannya.

 

Kata Kunci: keselamatan dan kesehatan kerja, lingkungan kerja, kepuasan kerja