Abstrak


Usaha Budidaya Tanaman Pakchoy (Brassica Rapa L.) secara Organik


Oleh :
Dedy Purwoko - H3313016 - Fak. Pertanian

Usaha Budidaya Tanaman Pakchoy (Brassica Rapa L.) secara Organik

Dedy Purwoko H3313016

ABSTRAK
Usaha merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan hasil yang diperlukan guna memenuhi kebutuhan dan mencapai kesejahteraan hidup. Usaha yang dilakukan terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Pertanian merupakan salah satu usaha yang sangat prospek untuk dikembangkan seiring waktu dan perkembangan jaman. Agribisnis merupakan semua usaha dibidang pertanian mulai dari awal hingga proses pemasarannya.
Produk pertanian merupakan kebutuhan pokok dari manusia. Sayuran merupakan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Sayuran sehat sangat dicari dan diminati saat ini. Sayur organik merupakan sayuran sehat yang disukai konsumen. Sayuran organik dihasilkan dari proses dan bahan organik atau bisa dikatakan kembali ke alam.  Salah satu komoditas yang dapat dijadikan usaha adalah sayuran pakchoy/sawi sendok.
Usaha budidaya pakchoy secara organik untuk mengetahui hasil dari budidaya dengan menggunakan metode kembali ke alam, menerapkan bahan-bahan yang ada di alam serta limbah ternak sapi. Usaha budidaya tanaman sayuran pakchoy menunjukkan hasil yang bagus hampir sama dengan hasil budidaya konvensional/kimia pada umumnya.

Kata Kunci: USAHA; AGRIBISNIS; SAYURAN ORGANIK; PAKCHOY;