Abstrak


Konsep Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) pada Pembuatan Stick Ikan Lele di IRT “Al-Fadh” (Tanjungsari, Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah)


Oleh :
Danang Dwi Eristanto - H3113027 - Fak. Pertanian

Konsep Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) pada Pembuatan Stick Ikan Lele di IRT “Al-Fadh” (Tanjungsari, Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah)

Danang Dwi Eristanto H3113027

Abstrak

Stick merupakan salah satu makanan ringan atau jenis kue kering yang pengolahannya dengan cara digoreng. Stick yang beredar di pasaran yaitu stick keju dan stick bawang. Seiring berkembangnya pengolahan pangan, stick dapat ditambahkan ikan lele untuk menambah nilai gizi. Masalah yang terjadi pada pengembangan terhadap stick ikan lele adalah masih rendahnya mutu, kualitas, pengendalian mutu dan keamanan pangannya. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui proses pembuatan, mengevaluasi kondisi IRT serta proses pembuatan produk, merancang konsep CPPB pada kondisi IRT dan produk stick ikan lele di IRT “Al-Fadh” di Desa Tanjungsari, Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah. Metode yang dilakukan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Proses produksi stick ikan lele meliputi pencucian, pemfilletan, pengukusan, pemblenderan, pencampuran, pembentukan lembaran, pencetakan adonan, penggorengan, penirisan, serta pengemasan. Berdasarkan analisis uji serta dibandingkan dengan syarat mutu SNI 01-2886-2015 diperoleh sesuai SNI kadar air 3,98%, kadar lemak 9,91%, angka lempeng total 2x101 koloni/gram, sedangkan yang tidak sesuai SNI yaitu kadar abu 1,53?n kadar protein 6,12%. Konsep CPPB yang diterapkan adalah pengendalian kondisi IRT, pengendalian mutu bahan baku, tahapan proses produksi dan produk akhir sehingga dihasilkan aspek mutu dan keamanan yang baik.

Kata Kunci : STICK IKAN LELE; PROSES PEMBUATAN; EVALUASI; KONSEP CPPB;