Abstrak


Optimalisasi Penggunaan Dana Desa di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak


Oleh :
Amanda Permata Ginanti - F1317003 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Dana Desa di Desa Sriwulan, Desa Sidogemah, dan Desa Purwosari untuk tahun anggaran 2018, hambatan yang ditemui dan usulan solusi guna mengatasi kendala tersebut.
Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui metode wawancara dan observasi dan studi dokumentasi.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dana Desa yang diterima digunakan untuk kegiatan yang berkaitan dengan program pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat dengan proporsi penggunaan anggaran yang beragam. Kendala yang dihadapi desa yakni desa mengalami kesulitan dalam penentuan penggunaan dana dan sering terjadinya abrasi mengakibatkan umur infrastruktur menjadi lebih pendek. Alternatif solusi yang diusulkan yakni pengadaan kerjasama dengan pemerintah daerah ataupun provinsi untuk melakukan pembangunan tanggul laut serta pihak desa perlu memilah skala prioritas penggunaan.
Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi Pemerintah untuk menetapkan indikator mengenai optimalisasi dan melakukan evaluasi yang lebih intensif terkait pemanfaatan dana, dapat menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah desa dalam penyususnan anggaran dan transparansi penggunaan anggaran yang dilakukan. Keterbatasan dari penelitian ini yaitu waktu penelitian serta jumlah informan yang cukup terbatas, sehingga tidak dapat menggambarkan secara komprehensif realitas penggunaan yang dilakukan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah waktu serta jumlah informan untuk mendapatkan data yang lebih detail.

Kata kunci: APBDes, Efektivitas, Efisiensi, Dana Desa, Kemajuan Desa, Optimalisasi,