Abstrak


Collaborative Governance dalam Pengembangan Desa Wisata melalui Program Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Desa Borobudur Kabupaten Magelang


Oleh :
Ardhia Mafaza - D0115014 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Dalam mengembangkan desa wisata di Kawasan Borobudur, Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara membentuk Program Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Kawasan Borobudur. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi collaborative governance dalam Program Balkondes di Desa Borobudur Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan dengan purposive sampling. Uji validitas data digunakan triangulasi teknik. Analisis data dengan analisis model interaktif oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa collaborative governance dalam pengembangan desa wisata melalui Program Balkondes dari proses pembangunan, pendampingan, dan operasional diantara para stakeholder dalam Program Balkondes berdasarkan 8 indikator kolaborasi dari De seve, (1) networked structure, (2) commitment to a common purpose, (3) trust among the participants, (4) governance, (5) access to authority, (6) distributive accountability/responsibility, (7) information sharing, dan (8) access to resources, sudah berjalan dengan baik. Akan tetapi boundary dan exclusivity dalam governance belum menyebutkan semua pihak yang terlibat dalam kolaborasi, karena dalam perjanjian kerja sama hanya mengatur antara PT. TWC selaku BUMN pendamping dan sponsor, serta Pemerintah Desa melalui BUMDes, belum menjelaskan tentang keterlibatan PT. MCN selaku pengelola Program Balkondes.


Kata kunci : Collaborative Governance, Pengembangan Desa Wisata, Program Balai Ekonomi Desa (Balkondes)