Abstrak


Peran Serikat Pekerja dalam Perlindungan Hak Pensiun Tenaga Kerja di Kantor Pusat PT Angkasa Pura II Tangerang


Oleh :
Erlan Arkan Faros - E0015135 - Fak. Hukum

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari serikat pekerja PT Angkasa Pura II Tangerang dalam melindungi hak dan kewajiban dari tenaga kerja terutama untuk hak jaminan pensiun dan hambatan hambatan yang dihadapi.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris bersifat deskriptif untuk menemukan ada atau tidaknya perlindungan hukum bagi tenaga kerja dalam pemenuhan hak pensiun tenaga kerja. Sumber bahan hukum primer dalam penelitian ini terdiri dari peraturan perundang-undangan terkait pelaksanaan hak pensiun tenaga kerja. Sumber bahan hukum sekunder berasal dari buku, jurnal, dan penelitian lain yang relevan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan studi kepustakaan, wawancara yang dilakukan penulis guna memeriksa kembali bahan hukum primer terhadap fakta lapangan. Analisis data yang digunakan adalah dengan metode deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan kesimpulan yakni peran serikat pekerja PT. Angkasa Pura II (Persero) adalah membuat Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang dilakukan bersama dengan PT. Angkasa Pura II (Persero) Tangerang yang berkaitan dengan pengaturan jaminan pensiun. Adapun kendala yang dihadapi oleh serikat pekerja PT. Angkasa Pura II (Persero) Tangerang yang berasal dari pihak ketiga sebagai pengelola dana Tunjangan Hari Tua (THT) dimana pihak ketiga telah melakukan wanprestasi yakni tidak membayarkan dana Tunjangan Hari Tua (THT) kepada pensiunan karyawan PT. Angkasa Pura II.

Kata Kunci : Perlindungan tenaga kerja, Hak pensiun