Abstrak


Uji Aktivitas dan Identifikasi Bakteri Pendegradasi Poliuretan dari Serasah Rumput Gajah (Pennisetum Purpureum Schumach) dan Kayu Jati (Tectona Grandis Linn. F.) Lapuk


Oleh :
Farah Aldila - S901508006 - Pascasarjana

ABSTRAK

Poliuretan merupakan bahan polimer dengan struktur kimia yang fleksibel, sehingga dapat diolah menjadi berbagai macam produk. Polimer tersebut memiliki kekuatan tensil dan titik leleh yang tinggi, sehingga menjadikannya sangat kuat dan sukar terdegradasi secara alami. Poliuretan memiliki potensi besar sebagai bahan pencemar, sehingga apabila tidak segera ditangani dapat menimbulkan bahaya bagi kelestarian lingkungan hidup. Metode penanggulangan yang dianggap ramah lingkungan adalah dengan menggunakan mikroorganisme tertentu sebagai pengurai. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh isolat bakteri yang mampu mendegradasi poliuretan. Bakteri yang hidup pada serasah rumput gajah ataupun pada kayu jati yang telah lapuk, diduga dapat mendegradasi polimer lignoselulosa yang sangat komplek pada tempat hidupnya, sehingga diharapkan pula memiliki kemampuan untuk mendegradasi polimer komplek seperti poliuretan.
Isolasi bakteri dilakukan dengan menginokulasikan sampel serasah rumput gajah dan kayu jati lapuk pada media Luria Bertani (LB) yang telah dikombinasikan dengan penambahan poliuretan (Impranil). Seleksi bakteri potensial dilakukan dengan melihat adanya zona bening yang terbentuk pada media seleksi. Aktivitas biodegradasi diamati dengan IR-spektrofotometri. Identifikasi bakteri dilakukan berdasarkan pengamatan karakter morfologi dan sekuen gen penyandi 16S rRNA yang diamplifikasi dengan Polymerase Chain Reactions (PCR) menggunakan primer 63f dan 1387r. Urutan basa nukleotida hasil sekuensing disejajarkan dengan data GeneBank menggunakan program BLAST-N (Basic Local Alignment Search Tool Nucleotida) dari situs NCBI (National Center for Biotechnology Information).
Penelitian ini menghasilkan 4 bakteri potensial, yakni K9, K10 dan R2 yang teridentifikasi memiliki kemiripan dengan Bacillus sp., serta bakteri R5 yang memiliki kemiripan dengan genus Brevibacillus sp.