;

Abstrak


Psikologi Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El-Shirazy (Kajian Psikoanalisis, Nilai Pendidikan Karakter dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di Madrasah Aliyah)


Oleh :
Alfa Rosyid Abdullah - S841802002 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) penokohan novel Merindu Baginda Nabi, (2) kepribadian aspek id tokoh dalam novel Merindu Baginda Nabi, (3) kepribadian aspek ego tokoh pada dalam Merindu Baginda Nabi, (4) kepribadian aspek superego tokoh dalam novel Merindu Baginda Nabi, (5) nilai pendidikan karakter dan (6) relevansi kajian psikologi sastra dan pendidikan karakter dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El-Shirazy dengan pembelajaran sastra di Madrasah Aliyah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk memahami fenomena lalu dideskripsikan dengan kata-kata. Data pada penelitian ini berupa novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El-Shirazy. Pendekatan yang digunakan berupa psikologi sastra yang mengacu pada teori psikoanalisis Sigmund Freud untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh pada tiga aspek penting, yaitu id, ego, dan superego. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan teknik analisis konten. Metode konten analisis ini digunakan untuk memperoleh data. Validiras data yang digunakan berupa tiga triangulasi, yaitu triangulasi metode, teori dan sumber data.
Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa hal, yaitu (1) penokohan novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El-Shirazy, (2) kepribadian aspek id tokoh dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El-Shirazy, (3) kepribadian aspek ego tokoh dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El-Shirazy, (4) kepribadian aspek superego tokoh dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El-Shirazy, (5) nilai pendidikan karakter dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El-Shirazy yang terbagi menjadi 5 aspek, yaitu (a) religius, (b) toleransi, (c) kerja keras, (d) menghargai prestasi, dan (e) peduli sosial; dan (6) kelayakan relevansi novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El-Shirazy dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah yang dihasilkan dengan merelevansikan dengan silabus dan RPP yang ada di kelas XII serta hasil wawancara dengan guru dan murid yang ada MAN Bondowoso.