Abstrak


Puisi Nyanyian Angsa Karya W. S. Rendra dan NovelMaria Zaitun Karya Joko Santoso: Kajian Intertekstual dan Nilai Pendidikan Karakter


Oleh :
Nesya Yanmas Yara - S841708014 - Pascasarjana

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan:  1) Citra perempuan dalam puisi Nyanyian Angsa; 2) Citra perempuan dalam novel Maria Zaitun; 3) Persamaan dan perbedaan citra perempuan dalam puisi Nyanyian Angsadan novel Maria Zaitun, 4) Nilai pendidikan karakter dalam puisi Nyanyian Angsadan novel Maria Zaitun.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif kajian sastra yang menekankan pada pendekatan intertekstual dengan mendeskripsikan dan menjelaskan citra perempuan dalam puisi Nyanyian Angsa, citra perempuan dalam novel Maria Zaitun, persamaan dan perbedaan citra perempuan dalam puisi Nyanyian Angsa dan novel Maria Zaitun, nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam puisi Nyanyian Angsa dan novel Maria Zaitun. Data dan sumber data dalam penelitian ini teks puisi Nyanyain Angsa karya W.S. Rendra dan teks novel Maria Zaitun karya Joko Santoso. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi yang meliputi, 1) penentuan unit analisis,2) penentuan sampel, dan 3) perekaman/ pencatatan data. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan teori. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik dari Creswell (2014) yang meliputi, 1) Mengolah data, 2) Membaca keseluruhan data, dan 3) Menganalisis dengan melakukan coding data, 4) Menerapkan proses coding, 5) Mendeskripsikan data dalam laporan penelitian kualitatif, dan 6) Menginterpretasikan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam puisi Nyanyian Angsadan novel Maria Zaituntersebut, 1) terdapat citra perempuandalam puisi Nyanyian Angsaberdasakan gambaran fisik tokoh, gambaran psikis tokoh,gambaran komunikasi tokoh dengan Tuhan,gambaran komunikasi tokoh dengan orang lain, dan gambaran komunikasi tokoh dengan diri sendiri, 2) terdapat citra perempuandalam novel Maria Zaitunberdasarkan gambaran fisik tokoh, gambaran psikis tokoh, gambaran komunikasi tokoh dengan Tuhan, gambaran komunikasi tokoh dengan orang lain, dan gambaran tokoh dengan diri sendiri, 3) terdapat persamaan yang paling dominan berdasarkan gambaran psikis tokoh, dan perbedaan citra perempuan terdapat pada gambaran fisik tokoh, 4) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam puisi dan novel tersebut adalah nilai moral, nilai religius, dan nilai sosial.