Abstrak


Hubungan antara Self Efficacy dengan Kecemasan Sebelum Bertanding pada Atlet Futsal Putri Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Aliyyah - G0113008 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Performa atlet akan maksimal ketika atlet tersebut mampu mengelola mentalnya dengan lebih baik. Aspek mental seperti kecemasan harus diminimalisasi untuk mencapai performa yang diinginkan. Pada umumnya wanita akan cenderung lebih cemas, sehingga penelitian ini menggunakan atlet futsal putri sebagai subjek. Beberapa penelitian sebelumnya menjelaskan bahwa kecemasan yang dialami ini memiliki kaitan yang erat dengan self-efficacy. Self- efficacy yang bersifat positif akan membantu atlet dalam mengendalikan kecemasan yang dirasakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan sebelum bertanding pada atlet futsal putri Universitas Sebelas Maret.
Untuk mengukur variabel pada penelitian ini digunakan skala kecemasan sebelum bertanding (reliabilitas=0,927)dan skala self-efficacy (reliabilitas=0,859). Penelitian ini menggunakan studi populasi dengan sampel penelitian atlet futsal putri Universitas Sebelas Maret yang terdiri dari 44 orang.
Hasil uji hipotesis r=-0,343 menunjukan bahwa, terdapat hubungan negatif dan signifikan antara self-efficacy dengan kecemasan sebelum bertanding pada atlet futsal putri Universitas Sebelas Maret (P= 0,023 ; p<0>