Abstrak


Relasi Gender dalam Keluarga Perempuan Ojek-Online di Surakarta (Studi Deskriptif pada Keluarga Perempuan Ojek-Online Go-Jek di Surakarta).


Oleh :
Devi Yulianita Victorine B.q - D0315016 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembagian aktivitas,pembagian akses-kontrol, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembagian aktivitas dan akses-kontrol di dalam keluarga perempuan ojek-online Go-Jek di Surakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Struktural Fungsional oleh Talcott Parsons. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data didapatkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah keluarga perempuan ojek-online Go-Jek di Surakarta. Untuk menguji keabsahan data yang telah terkumpul, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Dalam analisa data, peneliti mengunakan pandangan Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Yang kedua peneliti menggunakan teknik analisa Harvard. Teknik analisa Harvard digunakan untuk melihat profil gender pada suatu keluarga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat adanya pembagian aktivitas di dalam keluarga perempuan ojek online. Aktivitas produksi di dalam keluarga perempuan ojek online dilakukan bersama-sama, baik suami maupun istri sama-sama bekerja untuk memperoleh pendapatan keluarga. Ini membuktikan bahwa di antara suami dan istri terdapat adanya kesempatan yang sama dalam melakukan aktivitas produksi.Sedangkan pada aktivitas reproduksi, meskipun sudah ada keterlibatan suami, aktivitas reproduksi ini lebih dominan dilakukan oleh istri. Dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, meskipun suami dan istri sama-sama terlibat dalam kegiatan masyarakat, terdapat pembedaan antara aktivitas suami dan istri. Aktivitas laki-laki masih dianggap sebagai aktivitas yang berorientasipada ranah publik, sedangkan aktivitas perempuan masih berkaitan pada hal-halreproduktif.Mengenai pembagian akses kontrol di dalam keluarga perempuan ojek online Go-Jek, kini akses-kontrol lebih banyak dilakukan oleh perempuan atau istri. Faktor-faktor yang mempengaruhipembagian aktivitas dan akses kontrol pada keluarga perempuan ojek online Go-Jek ialah faktor ekonomi, faktor budaya, dan faktor pendidikan. Dapat disimpulkan bahwa relasi gender di dalam keluarga perempuan ojek-online Go-Jek di Surakarta terdapat adanya hubungan yang saling melengkapi. Meskipun terdapat beberapa perbedaan peran tetapi memiliki tujuan yang sama, yaitu keharmonisan keluarga