Abstrak


Hubungan Reseptor Estrogen, Reseptor Progesteron dan Ekspresi Her-2/Neu dengan Grading Histopatologi pada Pasien Kanker Payudara di Rsud Dr. Moewardi Surakarta


Oleh :
Warjianto - S561302008 - Pascasarjana

ABSTRAK

Pendahuluan: Kanker payudara merupakan keganasan pada wanita  yang memiliki prosentasi dan angka mortalitas cukup tinggi baik didunia maupun Indonesia. Pada kanker payudara memiliki reseptor untuk hormon estrogen, progesteron, dan protein Her–2 yang berperan dalam proses terjadinya sel kanker. Dimana keberadaan ER, PR dan Her-2/Neu serta Grading Histopatologi sangat memepengaruhi manajemen dan prognosis pada pasien dengan karsinoma payudara.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara Reseptor Estrogen, Reseptor Progesteron dan ekspresi Her-2/neu dengan grading histopatologi pada penderita wanita dengan kanker payudara.
Bahan & Metode: 73 pasien kanker payudara yang berobat di Poliklinik dan dirawat dibangsal serta pengambilan sample di sub Bagian Bedah Onkologi RSUD dr. Moewardi Surakarta antara April sd Desember 2018. Pemeriksaan Immunohistokimia dan Histopatologi di bagian Patologi Anatomi RSUD dr. Moewardi Surakarta. Penelitian prospektif analitik korelasi dengan cross sectional.
Kesimpulan: Mengetahui hubungan antara    Reseptor Estrogen, Reseptor Progesteron dan ekspresi Her-2/neu dengan grading histopatologi pada penderita wanita dengan kanker payudara.