;

Abstrak


Perbandingan Proses Epitalisasi Luka pada Pemakaian Nanocrystalline Acticoat TM Dressing pada Area Donor Split Thickness Skin Graft Dibandingkan Hydrofiber Aquacell Ag Dressing Rsud Dr. Moewardi Surakarta


Oleh :
Herendra Medirhiza H.p. - S561402002 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Latar Belakang dari dilakukannya penelitian ini karena  kurangnya studi komparatif tentang dressing Silver Sulvadiazin, penelitian ini, yang berfokus pada penyembuhan luka, bakteriologi, ekonomi, perawatan luka dan pengalaman pasien, bertujuan untuk membandingkan dua dressing perak yang sering digunakan, yaitu Nanocrystalline ActicoatTM dressing dan Hydrofiber AquacelTM Ag dressing.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan epitelisasi Nanocrystalline ActicoatTM dressing dan Hydrofiber AquacelTM Ag dressing dalam pembentukan epitel pada area donor Split Thickness Skin Graft.
Metode penelitian, penelitiann ini merupakan uji klinik dengan rancangan penelitian post test only control group design. dengan sampel diambil di Rumah sakit dr. Moewardi Surakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa epitelisasi pada pasien yang dirawat dengan Nanocrystalline Acticoat rata-rata 19.39 + 2.28cm2 dan rerata jumlah epitelisasi dirawat dengan Hydrofiber Aquacel adalah 17.50+ 2.02cm2.
Kesimpulan dari penelitian ini ada perbedaan yang lebih baik dalam proses epitelisasi pada perawatan area luka donor Split Thickness Skin Graft menggunakan Nanocrystalline ActicoatTM dressing dibandingkan dengan Hydrofiber AquacelTM dressing (p=0,000), dengan selisih rata-rata (95%CI) = 1.89 cm2 (1,26 cm2 s/d 2,52 cm2).