Abstrak


Pengaruh Penerapan Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan pada Industri Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2015


Oleh :
Adhi Pramudita - F1314001 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan. Kinerja keuangan diukur menggunakan Return On Asset ( ROA). Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan populasi sampel perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2015 yang terdiri dari 35 perusahaan dengan jumlah data observasi sebanyak 97. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) proporsi dewan komisaris independen berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan, 2) proporsi komite audit perempuan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan, dan 3) kepemilikan institusional berpengaruh positif iterhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan.