Abstrak


Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing di Kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar


Oleh :
Muhammad Ircham Wildan Sholihan - K4312040 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri di kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas X MIA salah satu SMA Negeri di Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validisi data dengan menggunakan teknik triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Peningkatan keterampilan proses sains ditunjukkan dengan meningkatnya capaian rata-rata persentase aspek keterampilan proses sains siswa dari 42,41% pada prasiklus, meningkat sebanyak 27,54% menjadi 69,95% pada siklus I, meningkat lagi sebanyak 19,34% menjadi 89,29% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri di kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar.