Abstrak


Hubungan Usia Menarche dengan Indeks Antropometri pada Remaja Perempuan Usia 15 – 18 Tahun di SMA Negeri 3 Surakarta


Oleh :
Ulfa Puspita Rachma - G0013227 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang: Usia menarche dapat mempengaruhi indeks antropometri, terutama tinggi badan, indeks massa tubuh dan lingkar pinggang. Usia menarche yang berbeda dapat memberikan hasil indeks antropometri yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia menarche dengan indeks antropometri meliputi tinggi badan, indeks massa tubuh dan lingkar pinggang.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan metode cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Surakarta pada September - Oktober 2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dengan 384 sampel yang terdiri siswi-siswi SMA Negeri 3 Surakarta. Variabel terikat adalah indeks antropometri meliputi: 1) tinggi badan; 2) indeks massa tubuh dan 3) lingkar pinggang, sedangkan variabel bebas adalah usia menarche siswi-siswi SMA Negeri 3 Surakarta. Indeks massa tubuh diukur dengan rumus BB(kg)/TB?2;(m?2;) dengan BB adalah berat badan dan TB adalah tinggi badan . Data variabel terikat yang dapat dikendalikan diperoleh dari pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar pinggang, kuesioner data menstruasi, kuesioner aktivitas fisik (IPAQ) dan kuesioner pola makan (SQ-FFQ). Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS for windows 22.0 dan dianalisis dengan uji Korelasi Pearson, uji Korelasi Spearman dan analisis regresi linier.
Hasil: Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara usia menarche dengan indeks massa tubuh (p = 0,003, r = -0,167) dan lingkar pinggang (p = 0,001, r = -0,167) dan tidak terdapat hubungan yang signifikan pada usia menarche dengan tinggi badan (p = 0,175). Pada faktor yang mempengaruhi usia menarche didapatkan hubungan positif yang signifikan antara usia menarche dengan aktivitas fisik (p = 0,031, r = -0,072), namun tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara usia menarche dengan pola makan dan etnis pada remaja perempuan usia 15-18 tahun di SMA Negeri 3 Surakarta.
Simpulan: Terdapat hubungan antara usia menarche dengan indeks massa tubuh, usia menarche dengan lingkar pinggang dan aktivitas fisik dengan usia menarche. Tidak terdapat hubungan antara usia menarche dengan tinggi badan, pola makan dengan usia menarche dan etnis dengan usia menarche pada remaja perempuan usia 15-18 tahun di SMA Negeri 3 Surakarta.