Abstrak


Hubungan Skor Fibrosis Hati dengan Derajat Varises Esofagus pada Pasien Hepatitis Virus Kronis di Rsud Dr. Moewardi Surakarta


Oleh :
Jevi Irgiyani - G0013125 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang: Hepatitis virus kronis menyebabkan terjadinya cedera hati kronis yang akan menyebabkan fibrosis pada hati. Fibrosis hati yang berlanjut akan menyebabkan terjadinya peningkatan aliran darah sehingga tekanan portal meningkat. Hipertensi portal akan menyebabkan terjadinya varises esofagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan skor fibrosis hati dengan derajat varises esofagus pada pasien hepatitis virus kronis di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan potong lintang yang dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2016 di Poliklinik Gastrohepatologi Penyakit Dalam dan Ruang Endoskopi serta bagian Rekam Medis RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Didapatkan sampel sebanyak 31 pasien dengan menggunakan teknik consecutive sampling. Data yang diambil berupa skor fibrosis hati dan derajat varises esofagus. Data penelitian dianalisis dengan uji Spearman.
Hasil Penelitian: Skor fibrosis hati F2 sebanyak 9 orang (29%), F3 sebanyak 5 orang (16,1%) serta F4 sebanyak 17 orang (54,8%). Pada sampel pasien yang tidak tampak varises esofagus sebanyak 19 orang (61,3%), Grade I sebanyak 4 orang (12,9%), Grade II sebanyak 6 orang (19,4%), dan Grade III sebanyak 2 orang (6,5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan korelasi yang bermakna antara skor fibrosis hati dengan derajat varises esofagus pada pasien hepatitis virus kronis (p = 0,038). Kekuatan korelasi antara skor fibrosis hati dengan derajat varises esofagus pada pasien hepatitis virus kronis adalah positif dan lemah (r = 0,37).
Simpulan Penelitian: Terdapat korelasi positif yang bermakna antara skor fibrosis hati dengan derajat varises esofagus pada pasien hepatitis virus kronis di RSUD Dr. Moewardi Surakarta dengan kekuatan yang lemah.