Abstrak


Analisis Laju Pertumbuhan Penerimaan Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Beserta Kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016-2018


Oleh :
Infusani Rantika Noveta Sari - F3416031 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui , pertumbuhan dan bagaimana tingkat kontribusi pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan terhadap penerimaan pajak daerah dan pendapatan asli daerah di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2015-2018.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, kepustakaan, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di BKD Sukoharjo.
Hasil penelitian ini adalah tingkat  pajak bea BPHTB  tahun 2015-2018 tergolong sangat berhasil dengan presentase rata-rata sebesar 212,23%. Tingkat pertumbuhan penerimaan pajak BPHTB tahun 2016-2018 tergolong kurang berhasil dengan rata-rata presentase sebesar 43,67%. Tingkat kontribusi penerimaan pajak BPHTB tahun 2015-2018 tergolong sedang dengan rata-rata presentase sebesar 29,63%. Tingkat kontribusi penerimaan pajak BPHTB terhadap pendapatan asli daerah tergolong kriteria sedang dengan rata-rata presentase sebesar 22,3%.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tingkat efekivitas pajak BPHTB di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2016-2018 tergolong sangat berhasil karena tingkat presentase pertumbuhan pajak bea BPHTB diatas 100%. Tingkat pertumbuhan penerimaan pajak BPHTB di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2016-2018 tergolong kurang berhasil karena tingkat presentase pertumbuhan pajak BPHTB dibawah 55?n tingkat kontribusi pajak BPHTB terhadap penerimaan pajak daerah dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tergolong sedang karena tingkat persentase kontribusi dibawah 30%.
Berdasarkan penelitian, penulis memberikan saran sebaiknya petugas BKD memberikan sanksi yang lebih tegas terhadap wajib pajak yang tidak patuh dalam pembayaran pajak dan dilakukan pendataan serta penagihan pajak BPHTB secara merata pada setiap daerah di Kabupaten Sukoharjo agar wajib pajak memiliki kesadaran yang tinggi untuk membayar kewajiban pajak.

Kata Kunci: , Pertumbuhan, Kontribusi, BPHTB, PAD