Abstrak


Pembinaan dan pengembangan perpustakaan desa oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten Sukoharjo


Oleh :
Erica Diah Safitri - D1816043 - Fak. ISIP

Abstrak

Perpustakaan desa adalah lembaga layanan publik yang berada di desa, Sebuah unit layanan yang dikembangkan dari , oleh untuk masyarakat tersebut. Tujuannya untuk memberikan layanan dan memenuhi kebutuhan warga yang berkaitan dengan informasi, ilmu pengetahuan, pendidikan, dan rekreasi kepada semua lapisan masyarakat. Adapun tujuan Tugas Akhir ini dibuat untuk mengetahui tentang Aspek pembinaan dan pengembangan, kendala, dan upaya dalam mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembinaan dan pengembangan perpustakaan desa yang dilakukan oleh Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo.
Di dalam Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa pembinaan yang dilakukan oleh Dinas kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo yang meliputi aspek Pembinaan Eksistensi perpustakaan, Pembinaan organsasi, Pembinaan Sumber Daya Finansial, Pembinaan Sumber Daya Manusia, Pembinaan Layanan dan Kegiatan, serta Pembinaan Sumber Daya Fisik. Sedaangkan untuk strategi pengembangan perpustakaan desa dengan pelibatan masyarakat, advokasi, dan pengembangan berbasis TIK. Kendala yang dihadapi pada saat pelaksanaan pembinaan dan pengembangan perpustakaan desa adalah kurangnya Sumber Daya Manusia dalam pelaksanaan pembinaan perpustakan desa, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo tidak boleh menganggarkan dana hibah bagi perpustakaan desa, dan kurangnya minat masyarakat tentang adanya perpustakaan desa. upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang ada dalam pembinaan dan pengembangan perpustakaan desa yaitu dengan memaksimalkan pegawai perpustakaan kabupaten sukoharjo, Untuk anggaran sendiri  menggunakan dana Anggaran desa, Dengan memberikan informasi tentang pentingnya perpustakaan desa melalui advokasi.
Adapun saran yang disampaikan penulis agar dapat menjadi pertimbangan dan upaya dalam memajukan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo adalah perpustakaan kabupaten sukoharjo menambah sumber daya manusia atau Karyawan agar dalam pelaksanaan pembinaan dan pengembangan perpustakaan dapat berjalan dengan optimal, sebaiknya Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo memiliki anggaran untuk pelaksanaan kegiatan peningkatan minat baca
masyarakat salah satunya dengan adanya kegiatan pembinaan perpustakaan desa, selain itu adanya kegiatan lanjutan yaitu tentang pemeliharaan perpustakaan desa, sehingga dapat mewujudkan perpustakaan desa yang unggul.

Kata Kunci : Pembinaan, Pengembangan, Perpustakaan Desa