Abstrak


Penggunaan model pembelajaran think talk write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman (Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas IV SDN Jenengan 3 Boyolali tahun ajaran 2018/2019)


Oleh :
Asfi Isyana Kusuma Astuti - K7115028 - Fak. KIP

Abstrak
    Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks fiksi melalui penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada peserta didik kelas IV SDN Jenengan 3 Boyolali tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan/observasi, dan tahap refleksi. Subjek dari penelitian ini yaitu peneliti selaku pengajar, guru kelas IV sebagai dan peserta didik kelas IV dengan jumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk memeriksa validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan interaktif Miles dan Huberman. Analisis data yaitu meliputi: reduksi data (data reduction), beberan (display) data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification).
     Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan aspek keterampilan membaca pemahaman teks fiksi. Aspek tersebut yaitu pemahaman isi teks, ketepatan organisasi isi teks, ketepatan menyusun ringkasan dengan menggunakan bahasa sendiri, ejaan dan tata tulis, dan ketepatan struktur kalimat. Nilai setiap aspek tersebut meningkat dari pratindakan ke siklus I kemudian ke siklus II. Nilai rata – rata kelas juga mengalami peningkatan yaitu pada tahap pratindakan 45,71 dengan ketuntasan klasikal sebesar 28,57% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 65,65 dengan ketuntasan klasikal sebesar 42,85?n pada siklus II meningkat menjadi 79,46 dengan ketuntasan klasikal sebesar 89,28%. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SDN Jenengan 3 Boyolali tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Think Talk Write (TTW), keterampilan, membaca pemahaman