Abstrak


Konseling Realitas Wdep (Wants, Doing, Evaluation, Planning) untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi serta Dampaknya terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik SMP


Oleh :
Uyun Amali Rosida - K3112073 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling realitas WDEP (Wants, Doing, Evaluation, Planning) untuk meningkatkan motivasi berprestasi  serta  dampaknya  terhadap  prestasi  belajar   peserta  didik  SMP. Penelitian eksperimen ini menggunakan jenis penelitian nonequivalent  control group design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi berprestasi. Skala motivasi berprestasi digunakan untuk mengetahui tingkat motivasi berprestasi peserta didik.
Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali yang memiliki motivasi berprestasi paling rendah. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney dan uji Wilcoxon.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat perbedaan gain score yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (signifikansi 0,025 < 0>124,25 atau sebesar 0,4 %. Kedua, kelompok eksperimen mengalami peningkatan prestasi belajar dari 876 menjadi 916 atau meningkat sebesar 4,6?n kelompok kontrol mengalami penurunan prestasi belajar dari 900 menjadi 884 atau mengalami penurunan sebesar 1,7%.