Abstrak


Analisis Faktor Pre-Hospital Delay pada Pasien Stroke Iskemik di RSUD Dr. Moewardi


Oleh :
Aura Razany - G0013049 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Restorasi segera ke daerah iskemik merupakan kunci dari penanganan stroke iskemik. Revaskularisasi dengan trombolitik harus diberikan dalam periode 3 jam munculnya serangan untuk meningkatkan outcome neurologis. Namun, keterlambatan pasien tiba di fasilitas kesehatan menjadi kendala utama dalam mendapatkan manfaat dari pengobatan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan keterlambatan pasien stroke iskemik dalam mencari pengobatan (pre-hospital delay) di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik denganrancanganstudikasus kontrol yang disarangkan (case control nested in cohort study). Penelitian dilaksanakan padabulanNovember di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Sebanyak 128 subjek dipilih dengan consecutive sampling dan dibagi menjadi kelompok terlambat dan tidak terlambat. Data diambil melalui rekam medis. Uji Chi-Square, Fisher’s exact, dan uji-Tdigunakan untuk membandingkan kedua kelompok. Analisis multivariat dilakukan dengan regresi logistik ganda. 

Hasil:Hasil uji bivariatmenunjukkanpendidikan, asuransi kesehatan, keluhan gangguan kesadaran, riwayat penyakit jantung, dan riwayat diabetes melitus memilikihubungandenganpre-hospital delay (p < 0 xss=removed xss=removed xss=removed>

Simpulan:Pendidikan, asuransi kesehatan, riwayat penyakit jantung, dan riwayat diabetes melitus memiliki hubungan denganpre-hospital delay pasien stroke iskemik di RSUD Dr. Moewardi.

Kata Kunci: Pre-hospital Delay, Stroke Iskemik