Abstrak


Defense Mechanism Tokoh Utama dalam Cerita Bersambung Ara-Ara Cengkar tanpa Pinggir Karya Adinda as (Suatu Tinjauan Psikologi Sastra)


Oleh :
Letrin Gannes Utama - C0112030 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Struktur yang membangun cerbung Ara-ara Cengkar Tanpa Pinggir karya Adinda AS berdasarkan  teori  fiksi  Robert  Stanton;  (2)  Bentuk  defense  mechanism  tokoh utama berdasarkan teori psikologi sastra Albertine Minderop; (3) Dampak defense mechanism yang ditimbulkan terhadap kepribadian tokoh utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural sebagai dasar, kemudian menggunakan pendekatan psikologi sastra untuk meninjau lebih lanjut.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan unsur struktural yang membangun cerbung Ara-ara Cengkar Tanpa Pinggir karya Adinda AS menurut teori struktural Robert Stanton. (2) Mendeskripsikan bentuk defense mechanism tokoh utama berdasarkan teori psikologi sastra Albertine Minderop; (3) Mendeskripsikan dampak defense mechanism terhadap kepribadian tokoh utama. Manfaat penelitian ini diharapkan mampu memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dalam gambaran sebuah model pendekatan terhadap penelitian karya sastra.
Landasan teori penelitian ini adalah pengertian fiksi psikologi, pengertian cerbung, teori struktural Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, serta ironi), teori psikologi sastra, serta teori defense mechanism Albertine Minderop.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian sastra dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berupa cerbung Ara-ara Cengkar Tanpa Pinggir karya Adinda  AS  yang  diterbitkan  oleh  majalah  Djaka  Lodang  edisi  31  Juli-20
November 2010. Data dalam penelitian ini berupa teks cerbung Ara-ara Cengkar Tanpa Pinggir karya Adinda AS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik content analysis dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan teknik penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: (1) Secara keseluruhan cerbung Ara- ara Cengkar Tanpa Pinggir karya Adinda AS menunjukkan kesatuan yang utuh dan sangat erat kaitannya satu sama lain. Unsur-unsur struktural saling terkait sehingga membentuk satu kesatuan yang indah; (2) Tokoh utama dalam cerbung Ara-ara Cengkar Tanpa Pinggir karya Adinda AS tidak menggunakan semua bentuk defense mechanism pada teori Albertine Minderop. Bentuk defense mechanism yang dilakukan tokoh utama cenderung pada bentuk defense mechanism yang tidak matang. (3) Dampak positif yang ditimbulkan oleh defense mechanism salah satunya mampu mengurangi kecemasan dan mempertahankan citra  diri  yang  positif.  Dampak  negatifnya  salah  satunya  menyebabkan  tidak relaks.