Abstrak


Inferensi fuzzy dan model logistik dalam pertumbuhan peringkat universitas versi webometrics


Oleh :
Nury Ardillah - M0112065 - Fak. MIPA

Penilaian universitas didasari dengan menilai empat komponen yaitu capital (sumber daya manusia), penelitian, koneksi internasional, dan reputasi (akademik dan ketenaga kerjaan). Lembaga pemeringkatan Webometrics mengukur empat komponen tersebut melalui transaksi informasi website universitas.
Tujuan penelitian ini adalah menganalogikan model logistik dalam pertum- buhan peringkat universitas, menentukan titik kesetimbangan dan kategorinya dengan inferensi fuzzy, serta menyimulasikan model pada pertumbuhan peringkat universitas di Indonesia.
Pola pertumbuhan peringkat universitas merupakan penyelesaian model logistik dalam pertumbuhan peringkat universitas. Kesetimbangan model terse- but terjadi pada saat W (t) = 0 dan W (t) = K dimana kesetimbangan peringkat pada saat W (t) = K merupakan batas daya dukung Webometrics. Simulasi dilakukan pada empat universitas di Indonesia yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Negeri Se- marang (UNNES), dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Kata Kunci: model logistik, Webometrics, inferensi fuzzy